Pengertian Kreatif dan Inovatif - Darmayasa
Headlines News :

Popular Post

Label 1

>> <<

Translate

Pengikut

World News

Home » » Pengertian Kreatif dan Inovatif

Pengertian Kreatif dan Inovatif

Written By putu darmayasa on Rabu, 28 November 2012 | 04.42

Pengertian Kreatif dan Inovatif

Kraetif dan Inovatif adalah karakteristik personal yang harus terpatri kuat dalam diri seorang wirausaha sejati. Bisnis yang tidak dilandasi dengan upaya kreatif dan inovatif dari sang wirausaha biasanya tidak dapat berkembang abadi.untuk mencari terobosan terbaru di lingkungan bisnis yang dinamis agar lebih menuntut wirausaha.
                Kreatifitas dan Inovasi merupakan dua hal yang berbeda tetapi saling membutuhkan satu sama lain. Karena sebuah Kreatifitas tidak akan ada gunanya manakala tidak ada Inovasi yang berhasil mewujudkan. Inovasi dan Kreatifitas memiliki dominan yang sama, yaitu sama-sama baru, akan tetapi memiliki batasan yang tegas. Kreatifitas merupakan langkah pertama menuju Inovasi. Kreatifitas berkaitan dengan produksi kebaruan dan ide yang bermanfaat dan implementasinya.
            Inovasi adalah Proses menemukan atau mengimplementasikan sesuatu yang baru ke dalam situasi yang baru. Konsep kebaruan ini berbeda bagi kebanyakan orang karena sifatnya relative, Maksudnya adalah apa yang dianggap baru merupakan lama bagi orang lain dalam konteks lain. Inovasi merupakan memikirkan dan melakukan sesuatu yang baru untuk menambahkan nilai-nilai manfaat dari suatu barang atau produk.
            Pengertian Kreativitas dan Inovasi menurut Zimmber dkk(2009), Kreatvitas adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan untuk menemukan cara-cara baru dalam melihat masalah dan peluang. Sedangkan Inovasi adalah kemampuan untuk menerapkan solusi kreatif terhadap masalah dan peluang untuk meningkatkan atau memperkaya kehidupan orang-orang.
            Pengertian Kreatifitas dan Inovasi menurut Ted Levitt, Kreatif adalah sifat yang selalu mencari hal-hal yang baru. Sedangkan Inovatif adalah sifat yang selalu menerapkap solusi kreatif. Kreatif tapi tidak inovatif karena ide hanyalah sebatas pemikiran tanpa ada realisasi.
            Kreatif dan inovatif dalam menjalankan sebuah isnis, menjadi salah satu kunci sukses sebuah bisnis untuk memenangkan persaingan pasar. Dengan menciptakan produk baru yang beda dengan produk lainnya dan bisnis kita bias lebih memiliki nilai lebih dibandingkan dengan poduk lainnya. Karena dengan adanya kreatif dan inovatif sangatlah penting untuk mendorong kita untuk lebih kreativitas dan menjadi benar-benar inovatif.
            Cara meningkatkan Kreatifitas da  n pengembangan ide memang tidak mudah . maka kita harus meningkatkan kreatifitas individual dengan cara: Memberikan kesempatan diri kit menjadi kreatif,Memberikan pikiran kita masukkan segar setiap hari, Mengamati berbagai produk dan jasa, menyadari kekuatan kreatif dan kealahan, Mendengarkan orang lain, Mendengarkan apa kata pelanggan, Berbicara dengan anak kecil, Membaca buku mengenai cara merangsang kreatifitas dan mengambil kursus kreatifitas.
Tips Kreatif dan inovatif dalam menjalankan sebuah bisnis: Membuat ide-ide baru, Melawan ketakutan akan perubahan, Motivasi diri yang kuat, Menerima pendapat orang lain, dan memperbanyak pengetahuan. Kreatif dan Inovatif dapat di implementasikan secara sederhana. Kuncinya adalah kepekaan dalam mengidentifikasi peluang dan kemampuan membaca pasar. Bahkan sering kita tidak sadari bahwa ide-ide cerdas memberikan terobosan-terobosan baru
dalam dunia. (Dinning Widiawanti/11103782/11.4A.14)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Trending Topic

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Darmayasa - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya