Penyebab Banjir Dan Cara Penanggulangan - Darmayasa
Headlines News :

Popular Post

Label 1

Daftar Blog Saya

>> <<

Translate

Pengikut

World News

Home » » Penyebab Banjir Dan Cara Penanggulangan

Penyebab Banjir Dan Cara Penanggulangan

Written By putu darmayasa on Jumat, 16 November 2012 | 05.36


Banjirrrrr?????
Banjir sering sekali kita dengar di berbagai daerah, khususnya di daerah  ibu kota Jakarta ini yang daratannya rendah. Banjir adalah peristiwa terbenamnya suatu daratan (yang tadinya kering) karena jumlah volume air yang meningkat karena suatu penyebab. Banjir dapat terjadi karena adanya peluapan air yang berlebihan pada suatu tempat misalnya akibat hujan besar, peluapan air sungai, pecahnya bendungan sungai dan sebagainya.

Ketika hujan deras turun dengan lebat terkadang akan terjadi banjir secara tiba-tiba dan cepat yang diakibatkan oleh terisinya saluran air kering dengan cepat oleh air.
Mengapa banjir bisa terjadi????
1. Sungai yg tertahan aliran air sehingga saat hujan air akan meluap mengakibatkan banjinr
2. Jarangya daya resap tanah
3. Selokan yg tersumbat sampah
4.Datangnya arus air dari kota lain,tentu saja tertahan sampah
Faktor alam penyebab banjir pun juga ada, yaitu:
1. Badai, badai juga dapat menyebabkan terjadinya suatu bencana banjir dengan melalui beberapa cara, yaitu dengan melalui ombak besar yang tingginya bisa mencapai 8 meter atau lebih, selain itu badai juga adanya presipitasi yang berhubungan dengan peristiwa badai. Mata badai mempunyai tekanan yang sangat rendah jadi ketinggian air laut dapat naik beberapa meter pada mata Guntur secara cepat, banjir pesisir seperti ini sering terjadi di pesisir Bangladesh.
2. Gempa bumi dasar laut maupun letusan pulau gunung berapi yang membentuk kawah dapat memicu terjadinya gelombang besar yang disebut juga tsunami yang dapat menyebabkan banjir pada daerah pesisir pantai.
Lantas, bagaimanakah cara untuk menanggulanginya????

Sejauh ini pemerintah terus berupaya mencegah terjadinya banjir di Ibukota Jakarta dengan berbagai cara. Mulai dari membersihkan daerah” yang rawan sampah, memberikan daerah tanah resapan untuk air pada beberapa titik maupun juga dibuatkannya saluran banjir kanal timur yang nantinya air yang terbuang akan disalurkan kearah pesisir pantai. Semoga dengan dilaksanakannya saluran banjir kanal timur ini akan terselesaikannya permasalahan banjir. Oleh karena itu kita sebagai manusia mesti memelihara keasrian alam kita ini jangan sampai rusak.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Trending Topic

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Darmayasa - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya